Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips Bertanya Tentang Lowongan Kerja di Sebuah Perusahaan Melalui E-mail

Masih banyak yang bertanya bagaimana tips bertanya tentang lowongan kerja melalui sebuah Email. Sebagai orang yang baru lulus menyelesaikan pendidikan atau bahasa gaulnya adalah Fresh Graduate, harus bisa aktif dalam mencari sebuah lowongan pekerjaan. Tentunya mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria kamu. Misal kamu adalah seorang lulusan SMK Teknik Komputer dan Jaringan bisa mencari sebuah pekerjaan dalam bidang IT atau bisa juga ke teknisi. Atau bisa juga daftar di suatu perusahaan yang memang tidak mencantumkan kriteria khusus terhadap jurusan kamu.


Masih banyak yang bertanya bagaimana tips bertanya tentang lowongan kerja melalui sebuah Email. Sebagai orang yang baru lulus menyelesaikan pendidikan atau bahasa gaulnya adalah Fresh Graduate, harus bisa aktif dalam mencari sebuah lowongan pekerjaan. Tentunya mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria kamu. Misal kamu adalah seorang lulusan SMK Teknik Komputer dan Jaringan bisa mencari sebuah pekerjaan dalam bidang IT atau bisa juga ke teknisi. Atau bisa juga daftar di suatu perusahaan yang memang tidak mencantumkan kriteria khusus terhadap jurusan kamu.

Biasanya di jaman teknologi yang maju ini, kita bisa mengakses informasi hanya dengan sekali klik melalui ponsel pintar kita. Misal kita bisa cari lowongan pekerjaan melalui web, instagram, telegram, twiteer, atau bahkan aplikasi tiktok yang sedang naik daun ini. Tak jarang, informasi lowongan pekerjaan yang kita akses tidak mencantumkan nomor handphone, melainkan hanya Email perusahaan atau Email HRD saja. Sehingga jika ada uneg-uneg pertanyaan, kalian harus mengirimkannya melalui Email saja. Uraian di bawah ini mimin sampaikan tips untuk bertanya melalui Email.

Etika dalam mengirim email untuk bertanya tentang lowongan pekerjaan itu penting banget. Karena, Emailmu bisa mempengaruhi pihak lain dalam menilai seberapa profesional kamu, dan bahkan bisa menunjukkan bagaimana kepribadianmu. Nah, berikut mimin sampaikan beberapa tips untuk bertanya melalui E-mail. Simak baik-baik ulasannya:

Tips Bertanya Lowongan Kerja Melalui E-mail

1. Cari Tahu Penerima E-mail yang Tepat

  • Hal yang harus kamu lakukan pertama kali jika ingin menanyakan informasi lowongan kerja yaitu mencari tahu kepada siapa e-mail tersebut sebaiknya ditujukan. Biasanya e-mail tersebut dikirimkan kepada HRD dari perusahaan yang kamu tuju. Untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, kamu bisa mencari melalui melalui website atau sosial media perusahaan yang akan kamu lamar.

2. Perkenalkan Diri Kamu

  • Setelah menemukan informasi mengenai penerima e-mail yang tepat, kamu harus menuliskan perkenalan diri, beri tahukan kepada penerima e-mail mengenai apa tujuan/isi dari e-mail yang kamu kirimkan seringkas mungkin. Jelaskan siapa kamu dan alasanmu menghubungi mereka, lalu promosikan dirimu sebagai calon karyawan yang potensial untuk perusahaan mereka.

3. Lampirkan CV dan Kontak Aktif yang Dapat Dihubungi

  • Pastikan kamu melampirkan CV dan cover letter dalam e-mail. Hal ini akan menghemat waktu karena HRD bisa langsung melihat kualifikasimu. Selain itu, pastikan juga kamu mencantumkan kontak yang aktif dan dapat dihubungi. Agar HRD dapat langsung menghubungimu jika mereka tertarik untuk merekrutmu.


Demikian di atas merupakan tips bertanya tentang lowongan pekerjaan melalui Email yang bisa mimin bagikan. Semoga artikel ini bisa membantu kalian untuk menjawab kebingungan dan kebimbangan kalian. Bagikan kepada teman kalian yang lain yang membutuhkannya.
Silahkan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar jika ingin bertanya. Salam Literasi

Posting Komentar untuk "3 Tips Bertanya Tentang Lowongan Kerja di Sebuah Perusahaan Melalui E-mail"