Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

APA SIH ITU BIDANG HR? | SKILL BERKARIR DI BIDANG HR

Human Resources (HR) atau Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Bahasa Indonesia adalah divisi atau bagian yang sangat penting dari suatu organisasi/perusahaan. Mereka adalah penopang dari kesuksesan suatu perusahaan. Tugasnya adalah mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja. Istilah HR muncul pertama kali pada tahun 1960-an ketika hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan terbentuk.


Human Resources (HR) atau Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Bahasa Indonesia adalah divisi atau bagian yang sangat penting dari suatu organisasi/perusahaan. Mereka adalah penopang dari kesuksesan suatu perusahaan. Tugasnya adalah mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja. Istilah HR muncul pertama kali pada tahun 1960-an ketika hubungan kerja antara karyawan dan perusahaan terbentuk.

Istilah HRD yang dipakai sekarang ini, adalah abbreviation dari Human Resources Development bukan Human Resources Department. Dulu disebut sebagai HR, HUMAN RESOURCES saja dan saya dulu juga menggunakannya, HR Management untuk menyebut bidang pengelolaan TK, salah satu fungsi diorganisasi perusahaan.

Saya lihat banyak di Linkedin yang berminat berkarir di bidang HR. Nah, saya ingin share soal skill apa saja yang dibutuhkan jika kita berkarir di bidang HR. Semoga info ini bisa bermanfaat & jangn lupa untuk share ke rekan-rekan lain yang mungkin membutuhkan ya.

Skill yang perlu dimiliki jika kita bekerja di bidang HR:

  1. Memahami hukum ketenagakerjaan. Upayakan untuk selalu update dengan aturan2 terbaru.
  2. Komunikasi & negosiasi yang baik. Akan sangat diperlukan karena bekerja di bidang HR artinya kita harus siap berinteraksi dengan banyak pihak, baik pihak internal maupun eksternal.
  3. Mampu mengatasi berbagai konflik yang mungkin dihadapi. Serta mampu menjadi penengah apabila terjadi konflik antar pekerja/antara pekerja dengan manajemen.
  4. Pemahaman psikologi dasar. Kembali lagi, hal ini diperlukan karena kita akan harus berinteraksi dengan banyak orang.
  5. Adminstrasi & pelaporan agar kita memiliki dokumentasi yang baik.

Selanjutnya banyak skill lain yang perlu dikuasai yang secara spesifik tergantung pada posisi kamu sebagai HR di bagian apa. Selain itu perlu juga pemahaman mengenai berbagai tools yang penting untuk menunjang efektifitas pekerjaan kita. Jika kamu tertarik melamar kerja di bidang HR, pastikan bahwa kamu juga bisa menonjolkan semua skill tersebut dalam CV/resume secara tepat.

Nah, bagaimana? apa kalian sudah faham mengenai pembahasan mimin di atas?. Jika kalian paham, silahkan cek tips karir lainnya DISINI.

Posting Komentar untuk "APA SIH ITU BIDANG HR? | SKILL BERKARIR DI BIDANG HR"